Dampak dari Modernisasi Terhadap Perilaku Bangsa Indonesia

Saat hari terus berganti, tanggal terus berjalan bulan dan tahun pun terus melakukan perubahan, maka setiap kehidupan melakukan hal yang sama yaitu adanya perubahan, dari hal kecil menjadi hal yang besar, dari yang terpuruk hingga maju, dan yang dulu kuno kini menjadi modern.

Modernisasi memang begitu cepat merasuki bangsa, khususnya bangsa Indonesia apalagi terhadap anak muda bangsa Indonesia, semakin pesatnya aliran modernisasi maka semakin lunturnya kebudayaan kebudayaan bangsa Indonseia yang melekat pada diri kaula muda bangsa Indonesia.

Banyak contoh yang dapat dilihat dari hilangnya jati diri bangsa Indonesia, yaitu mulai hilangnya kebiasaan orang timur dalam berpakaian kebanyakan anak muda Indonesia lebih banyak dan lebih suka menggunakan pakaian yang meniru kebudayaan barat, mungkin anak muda melihat contoh dari artis-artis idola dia baik dari Indonesia seperti Agnes Monica dan artis idola dia dari luar negeri sekalipun. Pakaian pakaian adat kebarat-baratan yang dengan model yang minim tidak menutupi anggota badan sepenuhnya, seperti celana pendek dan rok mini yang sangat minim bahan. Tak lupa juga gaya rambut artis luar negri yang lebih hits di banding gaya rambut bangsa timur atau bahkan bangsa kita yang menggunakan kerudung sebagai tanda bangsa Indonesia yang banyak menganut agama islam.

Gaya berpacaran anak muda juga sudah mulai jauh dari batas norma bangsa Indonesia dan tentu itu sangat berdampak negative sekali untuk generasi penerus bangsa apabila mengikuti cara berpacaran orang-orang barat yang lebih kepada hasrat seksualnya.

Acara televisi Indonesia yang sudah banyak kepada hal-hal fiktif yang seharusnya tidak di tonton oleh anak anak belum cukup umur kini banyak anak anak yang sudah menonton tayangan tv yang bukan seusianya, mulai dari lagu-lagu anak bangsa yang sudah mulai hilang karena pasar yang lebih menjual lagu-lagu dewasa itu membuat anak-anak lebih suka dan hafal betul terhadap lagu-lagu dewasa yang bertema soal percintaan remaja.

Dalam teknologi modernisasi memang berkembang pesat dan sekarang internet sudah dapat di akses dimana aja dan memudahkan kita untuk mengunggah hal-hal yang kita ingin tahu, yaa memang dalam hal modernisasi teknologi dapat berdampak positif untuk bangsa Indonesia apabila di gunakan untuk hal positif juga tentunya karena sekarang tidak sedikit juga orang yang menggunakan akses internet untuk hal hal yang tidak bauk, misalnya di mengunggah jal yang berbau porno, atau menggunakan internet untuk melakukan penipuan yang berkedok jualan via online shop.

Tidak ketinggalan pula alat komunikasi handphone yang sekarang semakin canggih dengan figure yang di perjualkan kepada halayak umum yang sangat menggoda untuk terus membeli handphone yang terbaru terus baru dan harus semakin terbaru dengan aplikasi yang semakin canggih tentunya.

Tetapi selalu menggunakan alat alat teknologi membuat anak anak muda sekarang condong dengan asik menggunakan dan bermain dengan gadjet yang mereka memiliki dan membuat anak muda semakin enggan dan tidak mau bersosialisai dengan orang-orang di sekitarnya, semakin banyak generasi menunduk bangsa ini da ini yang membuat khawatir.

Dari setiap hal memang pasti ada dampak negative dan positive, semua tergantung seseorang itu sendiri bagaimana cara menggunakan dan menyerap ilmu dan gaya modernisasi yang sudah semakin maju pada era sekarang ini. Dan cobalah untuk selalu berfikir hal yang positivenya dan menjauhkan hal yang baik dari hal hal negative🙂

Nama : Tri Handayani

NPM : 17512449

Kelas : 1PA04

Matematika & IAD Tugas Individu 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s