INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)

Gambar

 

Pengertian ISP

 

    Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain – lain.

 

 

 

Fungsi ISP

 

  • Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
  • Menyediakan modem untuk dial-up.
  • Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
  • Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  • Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
  • Memberi tempat untuk homepage.
    • ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

 

 

 

Macam -macam ISP

 

  1. Teknologi jaringan nirkabel (Wireless Network),

 

yang sangat memudahkan penggunanya dalam mengakses Internet. Namun begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dalam penggunaan jaringan nirkabel ini dapat berjalan dengan aman.

 

  1. Teknologi 3G
    Teknologi 3G (Third Generation) merupakan teknologi nirkabel berkecepatan tinggi yang tidak membutuhkan access point karena 3G menggunakan sistem ponsel yang telah ada.
  2. Teknologi Wi-Fi
    Wi-Fi (Wireless Fidelity) merupakan sebuatan untuk beberapa standart yang masuk dalam kelompok standart 802.11 dalam transisi nirkabel yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers).
  3. EVDO( Evolution Data Only/Evolution Data Optimized)

 

EVDO ( Evolution Data Only/Evolution Data Optimized)  atau sering disingkat menjadi EVDO, EV-DO, EvDO, 1xEV-DO or 1xEvDO.

 

  1. Tipe
    Terdapat empat tipe dasar dari layanan Internet. Dial-up, ISDN (Integrated Services Digital Network), digital subscriber line (DSL) dan kabel.
  2. AT&T

 

AT&T kembali meluncurkan seri Windows Mobile Smartphone-nya tang diberi nama AT&T Tilt. AT&T Tilt ini mempunyai beragam kelengkapan mulai dari keyboard QWERTY, kamera 3 MP, GPS Receiver dan sudah support 3G.

 

  1. PGP (Pretty Good Privacy)

 

PGP (Pretty Good Privacy) merupakan sebuah teknik enkripsi yang dikembangkan oleh Philip Zimmerman. PGP merupakan salah cara yang paling banyak dipakai untuk melindungi pesan yang dikirim melalui Internet, oleh karena penggunaannya yang gratis, mudah dan efektif

 

 

 

Tipe layanan dari ISP biasanya dapat kita kategorikan menjadi 2 bagian yaitu :    
1. Dial on demand Internet    
Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Contoh layanan internet dial on demand adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.    
2. Dedicated Internet    
Pelanggan yang menggunakan dedicated internet akan terhubung terus dengan internet 24/7. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak. Sistem dedicated ini biasanya mahal, dan biasanya untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya dengan membatasi jumlah data yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut dengan quota. Contoh layanan internet dedicated internet adalah layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan layanan-layanan dari ISP wireless local. 

 

Sumber :

 

Lutfifadila. (2012, 17 Mei). Internet Service Provider. Diperoleh dari 28 September 2013. Dari http://lutfifadila.blogspot.com/2012/05/pengertian-dan-fungsi-isp-web-modem-dan.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s