WORLD WIDE WEB

World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internetsecara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambarsuaravideo dan animasi. WWW diberikan untuk semua bagian internet yang dapat diakses dengan software browser web. Browser web adalah software untuk menampilkan informasi dengan menerjemahkan perintah-perintah berbentuk tag HTML dari server web (komputer server penyimpanan dokumen–dokumen web). Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Beberapa software browser web yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera.

Kegunaan WWW tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet.Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain.Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.

world wide web atau yang biasa disingkat dengan WWW ini diciptakan pada bulan Maret 1989 disaat sekelompok peneliti dan para ahli bermaksud untuk menciptakan sebuah protokol baru untuk keperluan distribusi informasi pada internet.

Secara teknis, web adalah sebuah sistem dimana informasi disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang mempunyai referensi dan link (hubungan ke dokumen lain atau mesin lain di jaringan internet) dan tersimpan dalam sebuah internet webserver. Link adalah teks yang biasanya berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Link memudahkan para pengakses web berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, dan berpindah dari satu server ke server lain. Kegiatan penelusuran halaman web ini biasa diistilahkan sebagai browsing, ada juga yang menyebutnya sebagai surfing (berselancar).

World Wide Web terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman Web adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan internet.

sumber :

Salman Rusdi. (2012, 1 oktober). Pengertian Internet dan World Wide Web. Diperoleh 28 September 2013, dari http://salman-rusdi.blogspot.com/2012/10/pengertian-internet-dan-world-wide-web.html

Nama : Tri Handayani

NPM : 17512449

Kelas : 2PA04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s