JURNAL 1 : PENGARUH PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWAFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Jurnal ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar terus dilakukan terlebih karena teknologi yang semakin canggih.

Pengembangan pendidikan e-learning merupakan suatu standart untuk meningkatkan standar mutu pendidikan karena e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dengan lebih luas dan berlandaskan tiga kriteria, yaitu: (1) e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi, (2) pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar, (3)memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional. 

Cara penyajian materi pembelajaran dalam E-learning Universitas Muhammadiyah Semarang.

Dosen mengembangkan konten/materi pembelajaran berbasis web, membuat tugas, kuis, soal ujian dan sebagainya yang dapat dikomunikasikan langsung dengan mahasiswa.

Prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa prestasibelajar mahasiswa FK Unimus pada mata kuliah parasitologi relatif baik.

Pengaruh Pengembangan Model Pembelajaran E-learing terhadap Prestasi BelajarMahasiswa FK Unimus.

Hasil pembelajaran E-learning menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan ketersediaan fasilitas TI, kemampuan dosen memanfaatkan TI, model pembelajaran e-learning, dan keaktifan mahasiswa memanfatkan TI terhadap prestasi belajar mahasiswa FK Unimus.

Modelpembelajaran e-learning menunjukkan bahwa yang memberikan kontribusi terbesar terhadap prestasi belajar adalah ketersediaan fasilitas teknologi informasi kemudian keaktifan mahasiswa dalam memanfaatkannya, selanjutnya kemampuan dosen memanfaatkan teknologi informasi, dan terakhir adanya desain model pembelajaran elearning yang memadai.

Sumber :

Akhmad Fathurohman. Jurnal Tesis, 2011. Pengaruh Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Diperoleh tanggal 18 Desember 2013.

Nama : Tri Handayani

NPM : 17512449

Kelas : 2PA04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s