Jurnal 2 : Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Jurnal yang dibahas berisikan tentang pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa. Perkembangan teknologi pada jaman sekarang sangat pesat, karena dunia yang semakin maju maka semakin banyak pula keunggulan dari teknologi itu sendiri yang sangat mudah menarik para pengguna untuk betah berlama lama berkomunikasi dengan teknologi internet, permainan (game online) yang disediakan semakin menarik peminat terutama anak-anak sekolah.

Pengaruh game online terhadap pelajar :

Game online sendiri merupakan wadah bermain yang sangat digemari remaja, dimana game online mempunyai beberapa daya tarik yang membuat remaja lebih memilih bermain dari pada belajar, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya remaja sering membolos dan menghabiskan waktu di depan computer dari pada buku, sehingga menyebabkan aktivitas sekolahnya terganggu.

Yang mendominasi  memainkan game online adalah kalangan pelajar, mulai dari TK, SD, SMP, dan  SMA. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya warnet dan game center yang ada di kota besar maupun kota kecil yang main game online di dalamnya adalah pelajar. Pelajar yang sering memainkan suatu game online akan menyebabkan anak menjadi ketagihan. Ketagihannya memainkan game online akan berdampak baginya, terutama dari segi akademik karena masih dalam usia sekolah prestasi nya dalam sekolah akan merosot karena terlalu banyak bermain dibanding dengan belajar.

Adapun beberapa dampak negatif dan positif game onlinebagi pelajar.

Dampak positif dari game online bagi pelajar.

1.      Pergaulan siswa akan lebih mudah di awasi oleh orang tua.

2.      Otak siswa akan lebih aktif dalam berfikir.

3.      Reflek berfikir dari siswa akan lebih cepat merespon.

4.      Emosional siswa dapat di luapkan dengan bermain game.

5.      Siswa akan lebih berfikir kreatif

Dampak negatif dari game online bagi pelajar.

1.      Siswa akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game online.

2.      Siswa akan mencuri curi waktu dari jadwal belajar mereka untuk bermain game online

3.      Waktu untuk belajar dan membantu orang tua sehabis jam sekolah akan hilang karena maen game.

4.      Uang jajan atau uang bayar sekolah akan di selewengkan untuk game online

5.      Lupa waktu

6.      Pola makan akan terganggu

7.      Emosional siswa juga akan terganggu karena efek game ini.

8.      Jadwal beribadahpun kadang akan di lalaikan oleh siswa.

9.      Siswa cenderung akan membolos sekolah demi game kasayangan mereka

Di jaman sekarang kewajiban seorang pelajar mulai terkikis adanya arus globalisasi pada kemajuan teknologi, pelajar lebih menomorduakan belajar dari pada bermain game online, di dalam kesehariannya para pelajar lebih cepat terpengaruh ajakan dari teman-teman, selain ajakan teman-teman rasa penasaran akan sesuatu yang baru lah yang mendorong mereka untuk mencoba mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan.

Sumber :

Muhammad Yahya. Jurnal Ilmiah, 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Diperoleh tanggal 18 Desember 2013 dari http://jurnalilmiahtp.blogspot.com/2013/11/pengaruh-game-online-terhadap-prestasi.html

Nama : Tri Handayani

NPM : 17512449

Kelas : 2PA04

Tinggalkan komentar