Manajemen dan Kepemimpinan

Pengertian Manajemen

Manajemen merupakan rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisaikan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan hingga menyelenggarakan secara tertib pekerjaan administrasi perkantoran untuk menunjang pencapaian tujuan organisasi.

Menurut Koonts dan O’Danell manajemen dartikan sebagai pelaksaan sesutu dengan menggunakan orang lain. Dari batasan itu, menunjukan bahwa sebagai fenomena sosial atau sebagai praktik, manajemen telah ada sejak seseorang menggunakan orang lainuntuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Manajemen berasal dari kata manage dan dalam bahasa latin manus, yang berarti memimpin, mengatur dan membimbing.

George R. Terry mendefinisikan manjemen merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggiatan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Frans Sadikin mengatakan majemen adalah suatu proses untuk menciptakan, memelihara, dan mengoprasikan organisasi perusahaan dengan tujuan tertentu melalui upaya manusia yang istematis, terkoordinasi dan kooperatif, maka proses penetuan asas-asas pokok perusahaan yang menjadi batasan, pedoman, dan penggerak bagi setiap manusia dalam perusahaan, sudah termasuk dalam pengertian manajemen.

download

Pengertian Kepemimpinan

  • Kepemimpinan adalah perilaku individu ketika ia megarahkan aktifitas sebuah kelompok menuju suatu tujuan bersama
  • Kepemimpinan adalah suatu jenis hubungan kekuasaan yang ditandai oleh persepsi anggota kelompok bahwa anggota kelompok yang lain mempunyai hak untuk merumuskan pola perilaku dari anggota yang pertama dalam hubungannya dengan kegiatan sebagai anggota kelompok
  • Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi yang dilarahkan melalui proses komunikasi, kearah pencapaian tujuan tujuan tertentu
  • Kepemimpinan atau leadership adalah cara atau teknik pimpinan atau manajer untuk mengarahkan dan menyuruh supaya orang lain mau mengerjakan apa yang yang ditugaskan.

Ditarik kesimpulan, Kepemimpinan adalah suatu proses, perilaku atau hubungan yang menyebabkan suatu kelompok dapat bertindak secara bersama-sama atau secara bekerja sama aau sesuai dengan aturan atau sesuai dengan tujuan bersama. Sebaliknya dinamakan pemimpin adalah orang yang melaksanakan proses, perilaku atau  hubungan tersebut.

download (1)

Contoh kasus :

Manager yang bersifat otoriter.

Drs. Bambang telah menjadi manajer tingkat menengah dalam departemen produksi suatu perusahaan kurang lebih 6 bulan. Bambang bekerja pada perusahaan setelah dia pensiun dari tentara. Abdul Halim karyawan Bambang merasa tidak senang terhadap semua keputusan Bambang yang dibuat sendiri olehnya. Bambang menyatakan “dalam tentara, saya membuat semua keputusan untuk bagian saya, dan semua bawahan mengharapkan saya untuk berbuat seperti itu.”

Analisa Kasus :

       Menurut saya gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Drs. Bambang adalah gaya kepemimpinan otoriter. Yaitu gaya yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Pemimpin mengendalikan semua aspek kegiatan. Pemimpin memberitahukan sasaran apa saja yang ingin dicapai dan cara untuk mencapai sasaran tersebut, baik itu sasaran utama maupun sasaran minornya.

Kepemimpinan otoriter juga membatasi hubungan atasan dengan stafnya dalam situasi formal dan tidak menginginkan hubungan yang penuh keakraban, keintiman serta ramah tamah. Tipe kepemimpinan sangat mengingkari usaha-usaha pencapaian tujuan lembaga pendidikan secara maksimal. Oleh karena potensi-potensi yang sebenarnya ada dan dimiliki oleh masing masing staf kerja yang tidak terbangkit, dan tidak tergugah atau tersalurkan secara bebas dan kreatif.  Penekanan kemampuan karyawan dan potensi serta kreatifitas tidak termanfaatkan secara baik.

Pengaruh gaya kepemimpinan otoriter atasan terhadap disiplin kerja karyawan sangat besar pengaruhnya karena sifat pemimpin otoriter dapat membuat karyawan menjadi patuh terhadap aturan yang dibuat oleh pemimpin.

Sumber :

Drs. Tommy Suprapto, M.S. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Medpress : Jakarta

Sukoco, Badri Munir. 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Erlangga: Jakarta

Drs. Sugiyanto Wiryoputro, Akt. 2001. Dasar-dasar manajemen Kristiani. PT BPK Gunung Mulia

Sarwono, Sarlito Wirawan. 1999. Psikologi Sosial. Balai Pustaka: Jakarta

Tanofsky, Robert. 1994. Psikologi Manajemen. Mitra Utama: Jakarta

Nama : Tri Handayani

NPM    : 17512449

Kelas   : 3PA04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s