PERENCANAAN

Pengertian Perencanaan

Sistem perencanaan dan pengendalian manajemen adalah suatu sistem yang digunakan untuk merencanakan kegiatan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengimplementasikan dan memantau pelaksanaan rencana yang ditetapkan. Dari definisi tersebut terdapat tiga kesimpulan berikut ini:

  1. Perencanaan sasaran masa depan yang hendak dicapai
  2. Perencaan kegiatan untuk mencapai sasaran
  3. Pengimplementasaian dan pemantauan pelaksaan rencana.

Perencanaan yang mencakup penetapan tujuan dan standar, penentuan dan prosedur, pembuatan rencana serta ramalan (prediksi) yang diperkirakan akan terjadi. Schermerhorn mengatakan perencanaan merupakan proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai serta langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapainya. Lewat perencanaan seorang manager mengindentifikasi hasil kerja yang diinginkan serta mengindentifikasi cara-cara mencapainya.

Fungsi Perencanaan

Pada hakekatnya perencanaan merupakan proses pengambilan keputusan yang merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan/tindakan-tindakan ekonomis dan efektif pada waktu yang akan datang. Proses ini memerlukan pemikiran tentmg apa yang perlu dikerjakan, bagaimana dan di mana suatu kegiatan perlu dilakukan serta siapa yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaannya.

Langkah – langkah Dalam Menyusun Perencanaan

Proses penyusunan rencana melibatkan pemikiran ke depan berkaitan dengan apa yang akan diperbuat dengan sumber daya yang tersedia. Dalam menyususn perencanaan yang baik, seorang manajer akan memperhitungkan berbagai pertimbangan berkaitan dengan perkembangan organisasi yang dikelolanya sebagai berikut:

  1. Menganalisis dan melakukan predikisi untuk masa yang akan dating
  2. Menetapkan sasaran jangka panjang dengan menentukan sasaran yang ingin dicapai dan menetapkan hasil yang menjadi target dan tujuan akhir.
  3. Menentukan berbagai kebujakan berkaitan dengan metode yang akan diterapkan
  4. Menyusun jadwal/program yang harus dilakukan dalam rangka pengembangan organisasi
  5. Melakukan evaluasi anggaran keuangan, dengan menetapkan sumber-sumber keuangan dan mengalokasikan pos-pos pengeluaran yang akan digunakan dalam kegiatan pelaksaan rencana.

Dengan menyusun perencanaan dalam sebuah organisasi diharapkan setiap bentuk kegiatanakan lebih terfokus pada sasaran yang telah ditetapkan, kinerja lebih efektif, memotifasi pegawai untuk lebih giat, memudahkan pengawasan, serta memudahkan manajer dalam mengambil keputusan.

Contoh Kasus

Perencanaan sosial. Sampah pemukiman merupakan masalah krisis di ibu kota. Setiap kampong dijakarta harus mulai merubah sampah yang krisis di lingkungannya. Dalam kasus ini terdapat 2 kampung yang berbeda, Kampung Banjarsari mulai merubah perubahan perilaku masyarakat setempat dengan memilah milah sampah dan mendaur ulang sampah tercapai dalam waktu lebih dari sepuluh tahu. Sedangkan kampong rawajati pancoran dengan dukungan dan perencanaan yang tepat, perubahan itu terjadi hanya dalam waktu dua tahun.

Analisa Kasus

       Dari analisa kasus diatas diperoleh perencaan yang berperan penting untuk tercapai nya suatu tujuan, sama dengan definisi perencanan ialah rangkaian kegiatan yang dilakukan guna memilih alternative terbaik dari sejumlah alternative yang ada untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan perencanaan sosial itu sendiri adalah suatu fungsi yang terorganisir merupakan sekumpulan kegiatan –kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kemampuan kepada perorangan, keluarga, kelompok, dan kesatuan-kesatuan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial oleh kondisi-kondisi yang selalu mengalami perubahan.

Sumber :

Mulyadi. 2001. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Menejemen. Jakarta : Salemba empat

Deny, 2009 . Jurnal Manajemen. Dalam jurnal-sdm

Suprapto, M.S. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: Medpress

Supar,M. 2007. Ekonomi 3. Jakarta: Yudistira Quadra

Nama        : Tri Handayani

NPM        : 17512449

Kelas        : 3PA04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s