Bentuk-bentuk Dasar Struktur Organisasi

Struktur Fungsional

Organisasi fungsional merupakan pendekatan struktur organisasi yang digunakan oleh sebagian besar perusahaan kecil atau menengah. Organisasi seperti ini biasanya terbentuk disekitar fungsi bisnis dasar (pemasaran, operasional, keuangan). Dengan demikian, dalam perusahaan terdapat departemen pemasaran, departemen operasi, dan departemen keungan.

Manfaat Struktur Fungsional

  • Mencakup spesialis di bidang-bidang fungsional dan timbulnya koordinasi yang lebih baik antara mereka. Para pakar pemsar dengan pelatih khusus, misalnya diterima bekerja departemen pemasaran yang menangani seluruh pemasaran perusahaan tersebut.
  • Struktur fungsional juga membantu timbulnya system sentralisasi (yang dikehendaki ataupun tidak dikehendaki) serta menyebabkan akuntabilitas menjadi lebih sulit. Dengan demikian sering berkembangnya organisasi, organisasi cenderung mengabaikan bentuk itu dan berpaling ke tiga struktur lain.

Struktur Divisional

Organisasi divisional bergantung pada departemtalisasi berdasarkan produk. Perusahaan menciptakan divisi berdasarkan produk. Perusahaan menciptakan divisi berdasarkan produk. Dimana setiap divisi dapat dikelola sebagai perusahaan yang terpisah. Organisasi yang menggunakan pendekatan ini biasanya memiliki beberapa divisi. Departemen yang menyerupai bisnis terpisah yang memproduksi dan memasarkan produk meraka sendiri. Pimpinan setiap divisi bisa jadi adalah seorang wakil presiden atau jika organisasi itu besar adalah presiden divisional. Selain itu, setiap divisi biasanya memiliki identitas sendiri dan beroprasi sebagai bisnis yang relative bersifat otonom dibawah naungan korporasi yang lebih besar.

Manfaat Struktur Divisional

Adapun kelebihan dari struktur organisasi divisional antara lain:

  • Koordinasi antar fungsi menjadi lebih mudah dan cepat
  • Mempunyai fleksibilitas pada struktur perusahaan
  • Spesialisasi pada setiap divisi dapat dipertahankan
  • Kesempatan karir lebih terbuka

Sumber :

Wijatno, Serian. 2009. Pengantar entrepreneuship. Jakarta: Grasindo

Ebbert. R. J; Griffin. R. W. Bisnis edisi delapan. Jakarta: Erlangga

Dr. Mahmuh M, hanafi, MBA. 2003. Mangemen Edisi Revisi. Yogyakarta: Akademi Managemen Perusahaan YKPN

Handoko, T.Hani. 2009. Manajemen.Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA

Nama : Tri Handayani

NPM  : 17512449

Kelas  : 3PA04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s