PENGERTIAN PSIKOTERAPI

Psikoterapi (Psychotherapy) berasal dari dua kata, yaitu “Psyche” yang artinya jiwa, pikiran atau mental dan “Therapy” yang artinya penyembuhan, pengobatan atau perawatan. Oleh karena itu, psikoterapi disebut juga dengan istilah terapi kejiwaan, terapi mental, atau terapi pikiran.

Psikoterapi adalah perawatan yang secara umum mempergunakan intervensi psikis dengan pendekatan psikologik terhadap pasien yang mengalami gangguan psikis atau hambatan kepribadian. Sebagaimana, diketahui bahwa perawatan terhadap penderita seperti tersebut ini, juga bisa dilakukan dengan pendekatan dari bidang kedokteran, antara lain dengan farmakologi.

Pengertian psikoterapi menurut para ahli:

  1. Wolberg (1967 dalam Phares dan Trull 2001), mengungkapkan bahwa psikoterapi merupakan suatu bentuk perlakuan atau tritmen terhadap masalah yang sifatnya emosional. Dengan tujuan menghilangkan simtom untuk mengantarai pola perilaku yang terganggu serta meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pribadi yang positif.
  2. Corsini (1989) mengungkapkan psikoterapi sebagai suatu proses formal dan interaksi antara dua pihak yang memiliki tujuan untuk memperbaiki keadaan yang tidak menyenangkan (distress).

Psikoterapi adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan proses mengobatigangguan psikologis dan tekanan mental. Selama proses ini, psikoterapis terlatihmembantu klien mengatasi masalah khusus atau umum seperti penyakit mental tertentuatau sumber stres kehidupan. Tergantungpada pendekatan yang digunakan oleh terapis,berbagai macam teknik dan strategi dapat digunakan. Namun, hampir semua jenispsikoterapi melibatkan mengembangkan hubungan terapeutik, berkomunikasi dan menciptakan dialog dan bekerja untuk mengatasi pikiran bermasalah atau perilaku.

NAMA         : TRI HANDAYANI

NPM             : 17512449

KELAS         : 3PA04

Sumber:

http://psychology.about.com/od/psychotherapy/a/what-is-psychotherapy.htm

http://abimami.blogspot.com/2012/03/psikoterapi.html

http://www.psikoterapis.com/?en_apa-itu-psikoterapi-%2C6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s